Website dan search Engine

Anda baru saja memiliki sebuah situs baik berupa website pribadi, ataupun blog, namun pada saat anda mencoba mencari situs anda tersebut dalam mesin pencari seperti Yahoo! Atau Google anda tidak dapat menemukan website anda tersebut berada didalam halaman indeks pencarian, apa yang terjadi….?
Memang merupakan suatu nilai tambah tersendiri apabila website anda sudah terdaftar pada mesin pencarian atau ‘search engine’ sehingga website tersebut akan lebih mudah ditemukan, dan tentunya akan mendatangkan trafik yang lebih besar. Untuk mereka yang terbiasa dengan SEO tentu sudah paham betul bagaimana caranya untuk membuat blog atau situs berada dalam indeks pencarian mesin pencari, namun bagaimana dengan mereka yang masih awam atau baru dengan dunia internet? Berikut ada beberapa tips dasar yang dapat dilakukan untuk membuat blog atau situs anda berada dalam urutan indeks mesin pencari :

Untuk masuk ke dalam daftar indeks mesin pencari seperti Google, dan Yahoo, website anda harus memiliki beberapa kriteria sebagai berikut:

Website yang anda miliki harus mengandung unsur teks.
Mesin pencari membaca file non-binary pada website anda. Sehingga text-text yang terdapat di dalamnya akan tersimpan pada database mesin pencari tersebut sehingga akan muncul pada pencarian dengan kata kunci yang relevan dengan isinya.

Lengkapi Header setiap halaman.
Header yang terdiri dari title, neta description, dan meta keyword harus diisi dengan kata-kata yang sesuai dengan isi, karena hal tersebut akan memudahkan mesin pencari untuk menyingkapi halaman website anda dalam databasenya.

• Buat semua halaman dengan lengkap.
Maksud dari kata “lengkap” disini adalah, jangan sampai website anda memiliki deadlink, karena umumnya mesin pencari tidak akan mereferensikan hasil pencarian halaman pada website yang memiliki deadllink.

Disarankan untuk membuat sitemap.
Hal ini mempermudah mesin pencari untuk menemukan halaman-halaman pada website anda.

Tambahkan tag alt pada link image.
Tag Alt pada image yang terkait (memiliki link) akan mempermudah mesin pencari untuk menuju pada link tersebut.


Daftarkan website anda pada mesin pencari seperti dibawah ini:

Google:
http://www.google.com/addurl/?continue=/addurl

Yahoo:
http://search.yahoo.com/info/submit.html

Dmoz:
http://www.dmoz.org/add.html

Sebenarnya, ada cara yang paling mudah dilakukan untuk membuat situs anda masuk kedalam index mesin pencari, yaitu dengan melalui link, hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan link ke website anda dari website lain yang halaman-halamannya telah masuk ke dalam index mesin pencari.
Anda juga dapat melakukan blog walking atau memberikan feedback pada blog atau situs yang telah memiliki angka rank di atas 2.